Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang menghadirkan keunggulan yang tidak ada pada kompetitornya.

Strategi pemasaran melalui media online untuk Yamaha R25 dan R15 ternyata mendapat sambutan luar biasa. Untuk Yamaha R25 saja dalam waktu 25 jam sudah mencapai 2.600 unit. Sedangkan Yamaha R15 dalam waktu satu hari inden online, langsung terpesan 1.500 unit.

Bila menyimak Yamaha R25, pengembangan dimulai dari lintasan balap Yamaha YZR-M1 dan bahkan melibatkan pembalap juara dunia MotoGP, Valentino Rossi. Wajarlah bila bila Yamaha R25 disebut sebagai Baby M1.

Desain dari Yamaha R25 tampak lebih fresh dibandingkan kompetitor karena memang baru saja diluncurkan pertama kali di Indonesia. Selain itu kesan kokoh dan garang layaknya motor kelas 250cc tampak pada motor sport terbaru besutan Yamaha Indonesia ini. Pada desain lampu depan dibuat layaknya hewan buas dengan tatapan tajam yang kemudian dikombinasikan dengan tekukkan fairing yang tampak mengalir dan malekat pada bodi. Lanjut ke bagian lampu belakang terlihat lebih modern dengan sudah menggunakan LED.

Yamaha R25 walaupun dikemas sebagai motor sport 250 cc dan berkarakter predator tapi tetap andal dan nyaman dikendarai harian. Karena Yamaha R25 mengusung tiga hal penting ; Fastest, Lightest dan Advanced.

Yamaha R25 memakai mesin 4 langkah, 2 silinder segaris berkapasitas 250 cc, DOHC direct drive camshaft 8 katup. Adapun kompresinya mencapai 11,6:1.

Untuk motor sport di kelas 250 cc, performa Yamaha R25 paling terbesar mencapai 36 hp pada 12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm.

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Sementara Yamaha R15 terlahir dari keandalan dan ketangguhan Yamaha V-Ixion. Mengusung daya tahan mesin 150 cc yang disempurnakan termasuk penggunaan transmisi enam percepatan.
Berbicara soal desain, R15 diklaim Yamaha merepresentasikan DNA R-Series yang tampil sebagai motor super sport sejati. Desainnya itu meliputi fitur-fitur desain body, full fairing, lampu depan ganda, speedometer, lampu belakang, key shutter, split seater, cover knalpot.

Desain bodi R15 mengadopsi DNA R-Series yang sporty dengan lampu utama ganda yang tajam (dual furious headlight), bodi belakang runcing dan tajam, fairing aerodinamis yang kekar, dan pengendalian yang diklaim mantap.

Lampu depan ganda R15 sporty dengan fitur AHO (Automatic Headlamp On) di sisi kiri dan lampu jauh di sisi kanan. Lampu belakangnya terinspirasi R6 dengan desain meruncing dan pelopor di kelasnya yang menggunakan lampu berteknologi LED.

R15 pun istimewa dengan split seater atau model jok terpisah dengan bahan jok anti slip seperti moge sport kelas dunia, yang membuat tampilan semakin sporty.

Selain itu, motor ini dilengkapi pula dengan tempat penyimpanan tools di bawah jok. Fairing dual-layer yang dinamis dan aerodinamis, dilengkapi lubang sirkulasi udara agar suhu mesin tetap terjaga juga sudah diadopsi oleh motor ini.

Belum selesai, speedometer-nya yang sporty menggabungkan instrumen digital dan analog serta multifungsi karena tersedia beragam indikator yang lengkap dan mudah terlihat.

Kunci utamanya dilengkapi key shutter (penutup lubang kunci) dan anak kunci model laser cut menjamin keamanan maksimal saat diparkir. Cover knalpot menggunakan aksen karbon karbon dan tertanam emblem bertuliskan R15.

Untuk jantungnya, R15 menggendong mesin berkapasitas 150 cc, 6 percepatan, berpendingin cairan, 4 katup, juga unggul untuk speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), berteknologi DiASil Cylinder, forged piston, Fuel Injection dan low friction technology.

Keunggulan performa terbaik R15 menjadikan akselerasinya lebih cepat namun tetap hemat bahan bakar sehingga ideal untuk berkendara sehari-hari.

Mesin : 150 cc, Liquid Cooled, 4-Langkah, SOHC, Single Cylinder, 4 valve, Fuel Injection
PXLXT : 1975 mm x 660 mm x 1070 mm
Tenaga : 16,59 PS (12,2 kW) / 8.500 rpm
Torsi : 14,5 Nm / 7.500 rpm
Berat Kosong : 136 kg
Kapasitas Tangki : 12 Liter
Tipe Rangka : Deltabox
Tipe Transmisi : Manual, 6-percepatan
Ban Depan & Belakang : 90/80-17M/C 46P & 130/70-17M/C 62S
Rem Depan & Belakang : Cakram 267mm & Cakram 220mm
Suspensi Depan : Telescopic Fork
Suspensi Belakang : Link Suspension, Monocross

Keunggulan R15 lain yang diklaim Yamaha untuk motor ini adalah handling terbaik di kelasnya. Untuk urusan itu, semua hal seperti rangka delta box, pelek dan ban, sumbu roda, posisi berkendara, alumunium rear arm, suspensi monocross, double disc brake dan stang racing sudah diracik sedemikian rupa.

Delta box R15 menurut Yamaha digunakan pada R1 dan R6. Konstruksi delta box kuat dan kokoh serta mengadopsi teknologi MotoGP Yamaha sehingga membuat pengendalian mantap dan stabil saat kecepatan tinggi.

Rancangan pelek model palang lima yang berdimensi lebar, kuat dan ringan, dibalut ban tubeless. Ban ekstra lebar dengan ban belakang ukuran 130/70 dengan lebar velg 3,5 inci membuatnya diklaim mampu mencengkeram aspal lebih sempurna dan stabil.

Jarak sumbu rodanya yang panjang dibuat untuk menjadikannya memiliki pengendalian lebih stabil saat berkendara dan saat menikung dengan cepat.
Sedangkan rear arm R15 yang berbahan alumunium merupakan yang pertama dan satu-satunya yang ada pada motor sport di Indonesia. Ini seperti yang digunakan di MotoGP. Pengendara pun dapat merasakan sensasi naik motor super sport saat mengendarai R15. Ini didukung desainnya berkonsep bodi depan merendah, bodi belakang meninggi dan tinggi jok pengendara 800 mm.
Menguji keandalan Yamaha R15, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menggelar Touring Jelajah Sumatera YZF-R15, dengan mengambil rute Sabang-Medan-Bukittinggi. Jalur yang benar-benar menantang keandalan performa dan akselerasi mesin 150 cc milik Yamaha R15.

0 Response to "Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang"

Posting Komentar

Amazon Wordpress Theme