Aneka Sandal Tradisional

Aneka Sandal Tradisional

Bisnis sandal adalah salah satu bidang bisnis yang saat ini bisa Anda tekuni, dan memiliki prospek yang cerah. Sandal sebagai alas kaki menjadi sebuah kebutuhan bagi tiap orang. Akan tetapi, hal itu harus benar-benar dilihat secara matang, karena bisnis alas kaki sendiri sudah sangat banyak.

Yuk, Berbisnis Sandal!

Para wanita biasanya sangat suka mengoleksi sandal dengan bentuk yang unik namun tetap fashionable, berbeda dengan para pria yang menggunakan sandal hanya sebagai pemenuh kebutuhan semata.

Salah satu keuntungan dengan membangun bisnis ini di Indonesia, adalah kebudayaan Indonesia yang memengaruhi seni, membuat sandal ini bisa dibuat dengan modifikasi yang sangat artistik.

Banyak sekali industri rumahan yang menjadikan sandal sebagai bidang bisnisnya. Sandal dibuat menjadi kerajinan yang begitu indahnya. Tidak hanya dari segi fungsi, tapi juga fashion, itulah mengapa di beberapa daerah banyak pengusaha UMKM yang menjadikan sandal sebagai bisnis, dan membantu membuka lapangna pekerjakan bagi banyak perajin di daerah tersebut.

Kerajinan sandal tidak hanya terkenal di daerah tersebut, akan tetapi hingga ke Negara lain. Biasanya kerajinan sandal ini akan menjadi cindera mata yang menarik untuk dibawa ke Negara mereka.

Dengan semakin banyaknya permintaan, maka sandal-sandal ini pun di jual di sana, dan mendapat banyak keuntungan. Tidak hanya bagi perajin dan pengusaha, tapi juga menjadi salah satu sumber devisa Negara.

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha UMKM yang menjadikan kerajinan sandal sebagai sentra bisnisnya.

Kerajinan Sandal Klompen di Desa Gunungrejo Kec. Singosari

Salah satu kerajinan sandal yang sudah populer saat ini, adalah kerajinan sandal dari kayu. Sejak zaman dahulu, kayu memang dijadikan bahan untuk membuat sandal. Salah satunya adalah kerajinan sandal di desa Gunungrejo yang menjadikan Sandal Klompen sebagai lahan bisnisnya. Sandal ini selain dibuat dari kayu sederhana, juga menggunakan karet ban bekas sebagai talinya.

Usaha di desa gunung rejo ini biasanya menggunakan kayu basia, sebagai bahan dasarnya. Untuk model sendiri, para perajin menyesuaikan model dan motif dengan kondisi dan fashion saat ini. Untuk itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk bepergian.

Model yang disuguhkan tidak hanya 1 model saja, tapi ada banyak variasi model, seperti model natural, kowakan, blimbingan, bungkusan yang sesuai untuk wanita dengan segala usia. Model yang dihadirkan selalu up date dengan mengikuti tren saat ini. Selain itu, terdapat ukiran khusus pada beberapa bagian sandal di berbagai sandal ini.

Mutu dari sandal ini sangat terjaga, dimana proses pembuatannya dari awal hingga selesai dilakukan dalam satu tempat. Apabila Anda ingin membeli sandal ini, bisa didapat dengan harga eceran atau kodi. Untuk pembelian minimal 1 kodi (20 pasang) akan mendapat harga khusus.

Harga dari tiap model sandal juga dibedakan dari faktor kesulitan pada saat proses pembuatannya. Pembelian dapat dilakukan dengan menghubungi UPK Kendedes.

Kerajinan Sandal Motif Batik di Yogyakarta

Motif batik saat ini tidak hanya bisa Anda temukan pada kain semata, akan tetapi di Yogyakarta telah ada terobosan bisnis terbaru dengan menggunakan motif batik pada sandal. Sandal batik ini bisa Anda peroleh di berbagai tempat di Yogyakarta.

Dengan kreatifitas para perajin di Yogyakarta, sandal batik ini dibuat dengan berbagai motif yang tentunya sangat cantik dan menarik, sehingga tetap fashionable walaupun sangat tradisional. Apabila Anda ingin mencoba untuk membuat kerajinan sandal dari batik, bisa melakukan sendiri di rumah.

Cara membuatnya sangat mudah, yaitu dengan mencari bahan spon eva yang tipis dan dipotong agar sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Lapisi menggunakan spon yang lebih tebal. Kemudian Anda dapat mulai melakukan proses pembatikan sesuai motif yang diinginkan di atas kain spon tersebut. Beberapa motif yang bisa Anda buat yaitu motif daun, bunga, aneka motif parang dalam batik jawa dan sebagainya.

Tidak hanya membatik secara langsung, agar lebih mudah Anda dapat secara langsung melapisi menggunakan kain bermotif batik tanpa harus melukisnya terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan proses pewarnaan menggunakan cat khusus agar menjadi lebih indah. Buatlah lubang pada sandal untuk memasang jepit kaki. Dan terakhir, Anda dapat memberi lapisan sebagai alas sandal dan penutup jepit tersebut pada bagian bawahnya.

Setelah sukses membuat sandal batik, Anda dapat mencoba untuk memasarkannya. Jangan takut tidak sukses, karena berikut ini ada beberapa tips dan triknya.

Salah satu hal utama, adalah memerhatikan bahan baku yang digunakan. Anda harus mencari bahan baku yang memiliki kualitas terbaik, sehingga dapat menghasilkan produk yang terbaik pula.

Jangan takut untuk mencoba melakukan inovasi dengan beragam motif batik terbaru, namun tetap sesuaikan motif yang akan Anda gunakan dengan selera pasar. Anda harus survey tren fashion yang sedang diminati saat ini, untuk mencari inspirasi dari motif yang digunakan.

Gunakan strategi pemasaran untuk bisnis sandal, misalnya dengan menitipkan produk Anda pada berbagai toko souvenir, atau toko aksesori yang berada di lingkungan sekitar Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan blog dan jejaring sosial, untuk memasarkan produk Anda ke wilayah yang jauh.

Teknologi gadget dan smart phone juga dapat menjadi alat yang cukup ampuh membantu Anda memasuki berbagai grup sosial, untuk memasarkan produk Anda. Jangan lewatkan berbagai acara dan pameran untuk memperkenalkan produk Anda kepada konsumen.

Pantang menyerah dan jangan cepat berputus asa. Setiap usaha memang memiliki banyak hambatan dan rintangan. Anda harus cerdas dalam mengatasinya, tapi sifat pantang menyerah akan membaut Anda berhasil melalui semua itu.

Kerajinan Sandal Dari Anyaman Rotan di Jepara

Salah satu bahan yang bisa dijadikan sandal adalah rotan. Rotan memang terkenal sebagai salah satu bahan membuat berbagai kerajinan. Telah terbukti adanya produk dari salah satu jenis hasil hutan indonesia ini, seperti kursi, tas, kap lampu, meja, dan berabgai produk yang masuk dalam pasaran produk di Indonesia.

Kerajinan sandal dari anyaman rotan sebenarnya masih sangat langka dan terbilang mustahil, namun di Jepara hal ini menjadi mungkin. Pembuatannya mungkin memang lebih rumit, karena terlebih dahulu rotan ini harus dianyam. Akan tetapi, model yang ditawarkan tidak kalah modis dari aneka jenis sandal lainnya. Di mana para konsumen dapat memilih aneka sandal rotan ini sesuai dengan model dan warna yang diinginkan.

Jangan dikira jika kualitasnya tidak bagus, karena kualitas rotan ini justru sangat baik mengingat sifat rotan yang ulet dan elastis. Di sinilah yang membuat sandal rotan menjadi tahan lama dan nyaman untuk digunakan.

Bisnis sandal tradisional tidak hanya menguntungkan secara bisnis, akan tetapi telah berjasa untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang lokal. Di mana lapangan pekerjaan saat ini sangat minim, terutama untuk orang-orang dengan latar pendidikan yang minim.

Inilah sebabnya bisnis sandal ini memang pantas untuk mendapat apresiasi dari masyarakat, terutama dengan prestasinya yang dikenal hingga ke mancanegara. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Aneka Sandal Tradisional"

Posting Komentar

Amazon Wordpress Theme