Batu Akik

Batu Akik

Batu akik adalah jenis mineral, biasanya ditemukan dalam hubungan dengan batu granit dan batu kapur. Seperti namanya, tampak berlumut di teksturnya. Komponen utama dari akik adalah silikon dioksida (SiO2) atau silika.

Seperti jenis akik, ini mengandung mineral berharga kalsedon. Bahkan, mineral berwarna hijau (oksida mangan atau besi) yang tertanam di antara butir kalsedon, menyerupai pertumbuhan filamen lumut. Lumut akik adalah mineral keras, tetapi rentan terhadap patahan dan retak. Dengan pengenalan singkat ini, mari kita lihat sifat dan penggunaan lumut akik.

Batu Akik adalah batu yang berasal dari alam. Dengan keaneragaman motif, akik bisa menjadi begitu indah jika batu tersebut  dibentuk, direkayasa, dan diasah sampai mengkilap. Lantas, batu itu nantinya bisa menjadi perhiasan seperti cincin, liontin kalung, anting-anting, bros, dan aksesoris lainnya.

Harga akik beraneka ragam. Yang termahal bisa mencapai ratusan juta. Ini dikarenakan motif akik yang tentunya akan membuat orang yang melihatnya terpesona dengan keindahannya. Bahkan, ada beberapa motif yang mampu membuat banyak orang menjadi takjub. Contohnya adalah akik dengan motif bertuliskan asma Allah dalam bahasa Arab, motif pemandangan seperti karang di tepi pantai, dan motif burung hinggap di dahan.

Melihat keanekaragaman motif di atas, tak jarang banyak orang yang memburu akik tersebut. Terutama bagi kolektor yang berdiri murni sebagai penyuka keindahan akik—mereka bisa menjadikannya sebagai perhiasan atau hanya sebagai hiasan dalam bentuk batu.

Bukannya kolektor yang mencari akik dengan membawa serta orang yang mereka anggap pintar dan memilih akik yang dipercaya memiliki kekuatan supranatural yang bisa menjaga wibawa seseorang, memberi kekuatan, penepis bala atau bahkan guna-guna.

Perburuan Akik untuk Dijadikan sebagai Perhiasan

Perburuan batu akik tidak harus mendatangi daerah-daerah jauh asal batu tersebut berasal—seperti Sukabumi, Banten, dan Kalimantan. Karena, di daerah Jakarta, perdagangan akik tersedia. Tepatnya di daerah Pasar Rawa Bening. Di tempat itu, Anda akan melihat berbagai corak akik diperdagangkan. Meski tempatnya rawan secara keamanan sebagaimana pasar lainnya, namun jika untuk mendapatkan akik dengan motif terunik, mengapa tidak?

Anda yang berhasil mendapatkan akik unik, bisa menjadikan batu tersebut sebagai perhiasan sehingga membuat Anda tampak berbeda dari yang lainnya. Dan, tidak menutup kemungkinan dengan hadirnya akik yang unik tersebut menjadikan Anda sebagai pusat perhatian. Karena bagaimanapun keunikan akik seolah memberikan ruang khusus pada semua mata.

Untuk mendapat perhatian khusus itulah, Anda harus memilih perhiasan apakah yang hendak digunakan dari akik tersebut. Namun, jika dilihat secara strategis, maka bros menempati posisi pertama yang mampu membuat semua mata beralih pada Anda. Karena letak bros tidak seperti cincin yang hanya melingkari jari, liontin kalung yang hanya melingkari leher, dan anting-anting yang hanya menggelantung di telinga. Namun bros memiliki penempatan yang lebih beragam dibandingkan ketiganya.

Bros Akik, Sebuah Pilihan Semua Mata

Bros yang saat dipakai tidak menyentuh kulit, kebanyakan digunakan oleh perempuan. Namun, tidak menutup kemungkinan jika bros juga digunakan oleh laki-laki. Cara memakai bros adalah disematkan ke suatu bahan. Contohnya jas, blezer, dan blouse. Penempatannya ada di bagian kanan atau kiri dada. Namun, bagi perempuan pengguna kerudung, penempatan bros bisa disematkan di dada, pundak, lingkar leher, dekat telinga, atau menyimpul bahan kerundung itu sendiri.

Kehadiran bros cantik dari akik sungguh mampu memancarkan aura seseorang yang memakainya. Ini dikarenakan motif cantik akik membuat orang yang melihatnya seolah ikut terpanah dengan perpaduan akik itu dengan orang yang memakainya. Apalagi, penempatan bros akik mudah untuk dilihat semua mata.

Di Mana Batu Akik di Temukan?

Menurut data geologi, lumut akik batu ditemukan di hampir semua bagian dunia. Negara-negara besar dari mana lumut akik diperoleh dalam jumlah besar adalah Brasil, India, Eropa tengah dan barat Amerika Serikat. Meskipun namanya, itu benar-benar anorganik berasal. Dalam kebanyakan kasus, secara alami terjadi pada batuan vulkanik, sementara beberapa dari mereka terisolasi dari batuan metamorf.

Hal ini karena, lumut akik terutama hasil dari lapuk batuan asal vulkanik. Atribut fisik lumut akik dalam hal tekstur, kekerasan, penetrasi cahaya, dll kurang lebih mirip dengan kuarsa. Diklasifikasikan sebagai kuarsa mikrokristalin, kristal sangat kecil dalam ukuran bahwa mereka sangat sulit untuk mengamati di bawah kaca pembesar.

Kekerasan lumut akik adalah 6.5 menjadi 7.0 skala Mohs kekerasan. Latar belakang mungkin transparan atau buram (susu berwarna putih). Padahal, inklusi berwarna hijau hanyalah kotoran terperangkap selama pembentukan mineral ini.

Oleh karena itu, tergantung pada jenis kotoran hadir di kuarsa kalsedon, warna dan tekstur bervariasi dari satu batu ke yang lain. Dalam kasus yang ada dalam penambangan akik di bukit Montana AS, lumut akiknya, memiliki ragam nuansa beberapa bintik merah dan hitam yang hadir dalam mineral.

Istilah “batu mocha' juga sempat digunakan untuk mewakili berbagai lumut akik memiliki band dari agate coklat. Demikian juga, agate lumut beberapa dengan band yang berbeda dari warna terjadi di alam.

Fungsi dari Batu Akik

Lumutan batu akik biasa di gnakan untuk perhiasan dan sudah punya catatan sejarah sendiri misalkan sudah di gunakan oleh orang Yunani pada awal abad 3000 SM, dengan keyakinan bahwa batu-batu ini membawa keberuntungan dan memberikan perlindungan dari kejahatan.

Hingga saat ini, permintaan lumut akik sebagai batu semimulia sangat tinggi di pasar. Batu permata ini sering dijual dalam bentuk datar atau bulat. Untuk meningkatkan nilai pasar mereka, lumut akik batu permata kadang-kadang diwarnai artifisial. Menjadi jenis mineral berpori, menyerap pewarna dengan mudah.

Anda dapat menemukan perhiasan akik ini dalam berbagai pola dan desain. Meskipun kebanyakan orang memilih untuk cincin lumut akik, Anda juga dapat menemukan anting-anting, liontin, gelang dan kalung. Juga, sesuai preferensi pribadi dan anggaran, emas dan perak bahan yang digunakan untuk membuat perhiasan lumut akik.

Berbicara tentang penggunaan lumut akik dalam penyembuhan kristal, diyakini memiliki sifat melindungi yang kuat. Menurut para ahli, itu adalah batu kristal yang paling kuat dari semua agate lainnya.

Batu Akik konon bisa membantu dalam memerangi frustrasi, dan situasi stres, saat ketakutan dan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat. Mengenakan cincin lumut akik atau perhiasan yang mengandung aki sendiri bisa membawa kestabilan emosi, keberanian dan kekuatan untuk pemakainya. Kesehatan manfaat memakai perhiasan lumut akik termasuk mengurangi gangguan perut, masalah seksual dan hiperglikemia.

Sejauh hubungan astrologi yang bersangkutan, dengan lumut akik cocok untuk mereka yang konon terlahir dalam tanda lahir Capricorn. Batu akik juga dikaitkan dengan makna terkait dengan membawa keberuntungan kepada pemilik dan menciptakan teemingness dalam setiap fase kehidupan.

Adapuu, apakah dengan mengetahui bagaimana keindahan batu akik bisa benar benar menjadikan seseorang tanpak beda? Dan apakah ini membuat Anda berminat untuk memilikinya juga? Jadi, tunggu apa lagi? Selamat berburu akik unik, cantik, dan mempesona!

0 Response to "Batu Akik"

Posting Komentar

Amazon Wordpress Theme