Resep Manisan Kulit Jeruk

Jeruk, buah yang menjadi kegemaran hampir semua orang ini sangat terkenal dengan rasa yang manis dan ada pula yang sedikit asam. Siapa sangka, kulitnya juga bisa diolah menjadi camilan keluarga ataupun sebagai pelengkap membuat cake. Resep kali ini akan membahas tentang cara membuat manisan kulit jeruk. Jeruk yang digunakan adalah jeruk sunkist atau jeruk orange.
Bahan-bahan :
* 5 buah jeruk orange
* 350 gr gula pasir
* 400 ml air
* 150 gr gula pasir untuk taburan
Cara membuat manisan kulit jeruk :
* Pertama-tama kupas kulit jeruk dengan rapi, caranya, kerat membujur bagian kulitnya hingga menyentuh sedikit  daging kulit jeruk, lebih mudah untuk membuat keratan 4 bagian agar kulit jeruk terkelupas dengan rapi dan jangan sobek. Setelah itu kupas perlahan agar tidak sobek kulitnya, kemudian bersihkan bagian dalam kulit yang berwarna putih agar rasa pahitnya agak hilang. Setelah itu cuci bersih dan potong memanjang seperti korek api.
* Didihkan air, kemudian rebus kulit jeruk selama sekitar 10 menit. Matikan api, kemudian tiriskan, ulangi proses ini sekali lagi, yang terakhir cukup direbus selama 5 menit sampai kulit berubah warna.
* Panaskan 400 ml air, tambahkan 350 gr gula pasir, masak hingga mendidih, setelah mendidih kemudian masukkan kulit jeruk lalu kecilkan api. Masak hingga air hampir habis dan mengental, tapi jangan diaduk-aduk. Matikan api dan biarkan dingin. Setelah itu tiriskan
* Siapkan wadah, beri 150 gr gula pasir. Masukkan kulit jeruk dan gulingkan dalam gula pasir lalu pindahkan ke wadah lain yang agak datar seperti loyang, diamkan selama sehari semalam hingga kering.
* Setelah kering lalu masukkan dalam wadah dan simpan dalam lemari pendingin.

0 Response to "Resep Manisan Kulit Jeruk"

Posting Komentar

Amazon Wordpress Theme