Resep Bakso Sapi

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini, keberadaannya sangat mudah ditemukan di mana-mana dan memiliki penggemar yang fantastis. Makanan ini bernama bakso. Bakso banyak di jual di pinggir-pinggir jalan, di warung, bahkan restoran karena memang makanan ini sangat lezat dan disukai semua kalangan. Bahan dasar utama bakso adalah daging sapi, namun seiring perkembangan jaman, bakso kian bervariasi, mulai
bakso ikan, bakso ayam, bakso jamur, bakso sayur, bakso dengan isian bermacam-macam. Nah, kali ini penulis akan memposting tentang cara pembuatan bakso daging yang original.
Bahan-bahan :
* 300 gr daging sapi giling tanpa lemak
* 50 gr tepung kanji
* 3 siung bawang putih, haluskan
* 1/2 sdt merica bubuk
* 1 sdt garam
* penyedap rasa secukupnya
* 100 gr es batu yang dihancurkan
* air untuk merebus
Bahan kuah :
* 300 gr tulang sapi
* 2 liter air
* 4 siung bawang putih, haluskan
* 1/2 sdt merica bubuk
* 1 sdt garam
Pelengkap :
* sayuran, sawi atau selada
* irisan daun bawang
* bawang merah goreng
* sambal cabai
* saus tomat
* kecap manis
Cara membuat bakso :
* Campur dalam wadah, daging sapi giling, tepung kanji, bawang putih, garam, merica dan penyedap rasa hingga rata, aduk sekitar 10 menit hingga benar-benar rata, boleh dicicipi jikan kurang bumbunya disa ditambahkan. Setelah itu tambahkan es batu yang  telah dihancurkan, hal ini bertujuan agar bakso lebih kenyal dan mudah dibentuk.
* Panaskan 1 liter air hingga mendidih, setelah mendidih kecilkan api
* Sementara menunggu mendidih, bentuk adonan menjadi bulat seperti bola pimpong, bisa menggunakan 2 buah sendok ataupun menggunan tangan, tapi harus menjaga kebersihan, gunakanlah sarung tangan plastik agar tetap bersih dan higienis.
* Setelah adonan bakso terbentu, masukkan dalam air mendidih tadi, rebus hingga matang, sekitar 20 - 30 menit, tanda-tanda bakso telah matang adalah bakso mengapung di permukaan air, kemudian angkat dan tiriskan.
* Kuah : Rebus air bersama tulang sapi hingga mendidih, sementara itu tumis bawang putih hingga harum dan masukkan tumisan bawang putih ke dalam rebusan tulang, tambahkan garam, merica, lalu cicipi, jika kurang bumbu bisa ditambahkan. Setelah mendidih kecilkan api
* Penyajian : Masukkan sekitar 4 - 5 buah bakso sapi, tambahkan sayuran jika suka lalu siram dengan kuah kaldu yang panas, taburi daun bawang dan bawang merah goreng. Tambahkan sambal, saus tomat atau kecap jika suka. Bakso sapi telah siap untuk dihidangkan.

0 Response to "Resep Bakso Sapi"

Posting Komentar

Amazon Wordpress Theme