Resep Kue Terang Bulan

Kue terang bulan atau biasa disebut juga martabak manis adalah salah satu camilan yang sangat populer di Indonesia, di seluruh penjuru Indonesia bisa ditemui penjual kue terang bulan. Terang bulan memiliki rasa yang bermacam-macam, mulai keju, susu, coklat hingga buah-buahan.
Resep kue terang bulan 
Bahan-bahan :
* 300 gr tepung terigu protein, ayak terlebih dahulu
* 400 ml susu cair
* 2 butir telur ayam

* 1/2 sdt vanili bubuk
* 1 sdt ragi instan
* 1/2 sdt garam
* 3 sdm gula pasir
* 1/2 sdt baking soda
* sedikit gula untuk taburan saat dimasak
Bahan taburan :
* keju parut secukupnya
* meses coklat secukupnya
* susu kental manis secukupnya
* kacang yang ditumbuk kasar secukupnya
Cara membuat kue terang bulan :
* campurkan ke dalam wadah tepung terigu, vanili bubuk, ragi instan, garam dan gula hingga rata lalu tuangkan susu dan telur, aduk hingga tercampur rata, bila perlu aduk menggunakan mixer. Setelah semua bahan tercampur rata lalu tutup wadah selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang. Setelah 1 jam masukkan baking soda lalu aduk lagi adonan hingga rata.
* Panaskan teflon besar khusus untuk membuat terang bulan, olesi dengan sedikit margarin, tunggu hingga teflon benar-benar panas, lalu kecilkan api, ambil 1 sendok sayur besar adonan terang bulan. Masak terus dalam api kecil hingga muncul gelembung-gelembung berpori di atas adonan. Tutup atasan teflon dengan tutup, sesekali buka tutup dan cek apakah sudah matang atau belum. Adonan yang masak ditandai dengan banyaknya gelembung berpori dan sudah tidak basah lagi / kering. Sesaat sebelum api dimatikan, taburi dengan gula pasir secukupnya. Kemudian matikan api
* Angkat terang bulan dan taburi dengan keju, meses coklat, susu kental manis dan kacang tanah. Kue Terang bulan siap untuk disajikan.

0 Response to "Resep Kue Terang Bulan"

Posting Komentar

Amazon Wordpress Theme