Resep Sate Blengong

Sate blengong merupakan salah satu resep warisan nusantara yang perlu untuk dilestarikan. Sate blengong berasal dari daerah Brebes Jawa Tengah dan saat ini masih banyak dijumpai di daerah  sekitar alun-alun Brebes. Sate blengong sendiri merupakan kudapan yang berbahan dasar dari itik, yang dimasak dengan santan kental sehingga rasanya sangat gurih dan sedap.Tidak seperti kebanyakan sate pada umunya, cara memasak sate blengong tidaklah dibakar, melainkan ditumis dan dimsak dengan santan kental, jadi tidak ada proses pemanggangan seperti sate pada umumnya.
Bahan-bahan :
* 1/2 kg daging bebek
* 500 ml santan kental

* 400 ml air
* 100 gr kacang tanah yang disangrai lalu dihaluskan
* 3 sdm minyak goreng
* 2 sdt garam
* batang bambu secukupnya untuk tusuk sate
Bumbu yang dihaluskan :
* 5 siung bawang putih
* 10 butir bawang merah
* 5 buah cabai merah
* 5 buah cabai rawit merah
* 3 cm kunyit, bakar terlebih dahulu
* 2 cm jahe
* 1/2 sdt ketumbar butiran
Cara membuat sate blengong :
* Potong-potong daging bebek ukuran 2 x 4 cm, cuci bersih lalu tiriskan.
* Panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu yang telah  dihaluskan hingga harum, lalu tambahkan kacang tanah yang telah dihaluskan, aduk rata, lalu tambahkan air, aduk-aduk dan masukkan daging bebek. Masak hingga daging bebek empuk dan air menyusut, setelah air menyusut masukkan santan kental, aduk-aduk terus hingga semua bumbu beserta santan merasuk ke dalam daging bebek dan santan agak habis. Matikan api.
* Cara penyajian : ambil 3 - 4 potong daging bebek lalu tusuk dengan tusukan batang bambu, lakukan hingga seluruh daging habis.
* Sate blengong telah siap untuk disajikan bersama dengan nasi putih yang hangat.

0 Response to "Resep Sate Blengong"

Posting Komentar

Amazon Wordpress Theme